GMRZONE Headlines

Senin, 08 April 2013

Cara memperbaiki performa PC agar kembali seperti baru



Assalamu’alaikum wr.wb

Performa PC yang cepat dan responsif baik saat booting, saat startup, saat membuka file, saat membuka aplikasi, ataupun saat browsing internet. adalah dambaan setiap orang yang memiliki PC. Performa yang demikian tentunya hanya ada pada PC yang masih baru dan pada PC yang di rawat dengan baik.

Bagaimana performa PC Anda yang sudah lawas?. Masih cepat atau sudah mulai lambat?. Bila PC Anda sudah mulai lambat Anda masih bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus keluar biaya asalkan semua hardwarenya masih dalam kondisi baik, kecuali biaya untuk penyedia layanan internet Anda karena Anda harus terhubung ke internet untuk mendownload software.

Bagaimana cara memperbaiki performa PC ?. Untuk itu perlu di ketahui terlebih dahulu sebab-sebabnya mengapa performa PC Anda menurun.

Bertahun-tahun setelah Anda membeli PC dan telah lama Anda gunakan, baik untuk mengerjakan pekerjaan, bermain game, browsing internet, mendownload musik / video, menginstal  dan mengupdate software,  dan sebagainya, aktifitas ini sedikit demi sedikit telah menimbulkan junk files pada system PC  Anda. Kalau hal ini di biarkan terus-menerus dalam jangka waktu panjang dan Anda tidak pernah membersihkan PC Anda, lama kelamaan junk files akan terus menumpuk dan memenuhi  memory spasi. Hal ini hanyalah salah satu sebab dari banyak sebab mengapa performa PC Anda menurun.

Sebab lainnya adalah karena virus, spyware, malware registry error dan file sampah, misalnya file log yang sudah tidak di butuhkan lagi oleh system PC Anda .
Bagaimana cara memperbaiki performa PC agar kembali seperti baru? Atau setidak-tidaknya meningkatkan kembali performanya.

Bagaimana cara memperbaiki performa PC agar kembali normal?. Beberapa hal yang mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki performa PC Anda:

1.  Uninstal program yang sudah jarang atau tidak pernah Anda gunakan.lagi.
Program-program yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan lagi, seperti program versi trial yang sudah Anda lupakan dan tidak pernah Anda gunakan lagi, game-game yang yang sudah jarang Anda mainkan  terutama yang membutukan disk spasi yang besar, sebaiknya Anda uninstal program-program seperti ini untuk melapangkan disk spasi.
Klik Start >> klik Control Panel >> buka Add or Remove Programs >> pada jendela Add or Remove Programs klik Change or Remove Programs  klik pada program yang ingin Anda uninstal, lalu klik Remove.

2.  Atur startup Anda

a.  Hapus program  di dalam folder startup di dalam folder programs di dalam folder Start Menu yang Anda rasa tidak perlu atau tidak penting program itu mulai berjalan saat startup. Terlalu banyak program yang mulai berjalan saat startup akan membuat startup jadi lebih lambat saat loading.

Buka folder Start Menu >> buka folder Programs >> Startup, hapus program yang tidak Anda inginkan untuk mulai berjalan saat startup dengan mengirimkannya ke Recycle Bin.lalu restart PC Anda.

b.  Cara berikut ini agak lebih sulit, bila Anda kurang tahu tentang PC sebaiknya jangan lakukan cara ini atau kalau ini Anda anggap mudah sebaiknya  Anda tetap harus berhati-hati agar tidak salah pilih.

Klik Start >> Run >> ketikkan msconfig lalu klik Ok. Pada jendela System Configurations Utility  pada tab General untuk amannya  centang pada semua kotak apabila Anda kurang tahu tentang PC. Berikutnya klik pada tab Startup. Centang program yang Anda inginkan untuk mulai berjalan saat startup dan sebaliknya jangan di centang apabila Anda tidak menginginkannya. Klik Apply lalu Ok.

3.  Download dan install anti virus.

Scan PC Anda dengan anti virus. Anti virus adalah software yang sangat penting dan berharga untuk menjaga dan membersihkan PC Anda dari virus, malware maupun spyware. Ada banyak tersedia anti virus gratis yang bisa Anda download dari internet. Virus bisa sangat merusak system operasi PC Anda. Malware yang sangat buruk bisa membuat kecepatan PC Anda menurun drastis karena terlalu banyak menghabiskan memory PC Anda.

4.  Download Software SpyBot 1.6 Freeware

Scan PC Anda dengan SpyBot 1.6 untuk mencari dan memilih apa saja yang tidak seharusnya ada pada PC Anda seperti spyware, malware dan adware. SpyBot 1.6 Freeware bisa Anda download di sini

5.  Jalankan Disk Defragmenter.

Disk Defragmenter berfungsi untuk menyusun file-file pada Hard drive. Agar tersusun rapi dari A sampai Z. Lakukan hal ini setidaknya 3 bulan sekali.
Klik Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter. Klik pada drive yang ingin Anda analisa misalnya Local Disk (C:) lalu klik Analyze, bila file-file pada Local Disk (C:) telah terfragment akan muncul jendela Disk Defragmenter dengan pesan “ Analysis is complete for : Local Disk (C:), You do not need to defragment this volume “ dan bila file-file pada Local Disk (C:) telah terfragment maka akan muncul jendela Disk Defragmenter dengan pesan “ Analysis is complete for : Local Disk (C:), You should defragment this volume. Klik Defragment untuk mulai dan tunggu sampai Disk Defragmenter selesai.
NB: Sebaiknya Anda tutup terlebih dahulu semua program yang masih berjalan sebelum Anda menjalankan program Disk Defragmenter dan biarkan program ini berjalan sendirian tanpa ada program lain, dengan kata lain jalankan program Disk Defragmenter saat Anda tidak sedang menggunakan PC untuk menjalankan program lain.

6.  Download software registry cleaner freeware

Gunakan software untuk memperbaiki registry error. Software yang bisa Anda gunakan antara lain: Advanced System Care 6.1, CCleaner, Comodo System Utilities.

Bila semua hardware, software dan driver beres, registry error telah di perbaiki, virus, malware dan spyware telah di singkirkan dari PC Anda, RAM dan disk spasi telah di lapangkan, niscaya performa  PC Anda bisa meningkat dan terhindar dari predikat “ PC lemot ”.  

Mari berharap semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda mengembalikan performa PC Anda agar kembali seperti baru. Demikian cara mengembalikan performa PC agar kembali seperti baru.     

Wassalamu’alaikum wr.wb


Sumber Artikel: Di olah dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Post Terbaru

Google+ Followers